Bali Barat Tour

jalak bali (Leucopsar Rothschildi)

Taman Nasional Bali Barat sebagai kawasan pelestarian alam, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, penelitian, rekreasi dan menunjang budidaya. Ciri khas Taman Nasional Bali Barat adalah terdapatnya burung jalak Bali (Leucopsar rothschildi) yang dapat hidup di alam bebas hanya di Taman Nasional Bali Barat. Secara Administratif Taman Nasional Bali Barat Berada di kabupaten Jembrana dan Buleleng Propinsi Bali. Diantara bulan Desember hingga Maret curah hujan di wilayah ini cukup tinggi.

Bunut Bolong terletak di desa Manggisari kecamatan Pekutatan, 49 km ke arah timur dari kota Negara dan kurang lebih kurang 86 km kearah barat Kota Denpasar. Bunut Bolong adalah pohon Bunut yang tumbuh lestari di mana di tengah akar akarnya terdapat jalan raya yang menghubungkan kecamatan Pekutatan dengan Kabupaten Buleleng.

Yang menarik adalah alam lingkungannya sepanjang mata memandang penuh dengan pohon cengkeh, udara sejuk dan sangat cocok untuk Wana Wisata. Terdapat pura “Bujangga Sakti” yang dipelihara dan merupakan tempat Pemujaan Umat Hindu.

Pantai Medewi adalah Pantai yang cukup indah dengan lekuk pantai yang sangat menawan, terletak di Desa Medewi 24 Km timur kota Negara dan 72 Km dari Denpasar, dapat dicapai dengan segala jenis kendaraan.

Pantai Medewi cocok untuk tempat surfing karena ombaknya yang panjang dan lama baru pecah sesuai sarat surfing yang diinginkan. Dari sini dapat menikmati Sunset yang indah. Fasilitas yang dimiliki Hotel yang cukup reprentatif bagi wisatawan Manca Negara dilengkapi dengan kolam renang dan Retauran yang ditata cukup artistik di halaman hotel tersebut.

bendungan palasari

Obyek wisata Bendungan Palasari berlokasi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, 26 Km ke arah barat dari kota Negara. Bendungan ini berfungsi sebagai pengendali bencana banjir, irigasi, perikanan dan tempat rekreasi. Bendungan ini dilatar belakangi oleh hutan lindung yang cukup bagus serta mempunyai hawa sejuk. Sehingga cocok untuk wisata tirtha serta wana wisata di daerah sekitarnya. Bendungan ini sudah dilengkapi dengan sampan yang berekreasi mengelilingi bendungan tersebut.

musium purbakala, manusia purba

Sejak tahun 1963 di Gilimanuk diadakan penelitian oleh para ahli di Indonesia antara lain : Prof DR R Soejono dan Prof DR T Jacub. Hasil penelitian tersebut ditemukan ratusan rangka manusia yang diperkirakan hidup pada akhir masa Prasejarah dengan ciri ciri Ras Mongolid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka salah satu tindakan untuk menyelamatkan.

Untuk menyelamatkan dan memanfaatkan temuan akeologi tersebut Pemerintah Kabupaten Jembrana membangun sebuah Gedung Museum Manusia Purba Situs Gilimanuk dan selesai Pembangunannya 1993.

Barang barang koleksi yang dipajang di Moesium Gilimanuk adalah hasil galian antara lain : Kerangka Manusia, Manik manik, Gelang dari kayu dan kerang, periuk kecil, tempayan, kendi, mangkuk dari tanah, mata kail, tajak, sarkopagus dll.

Event Wisata di Kabupaten Jembrana

Mekepung

Mekepung adalah sebuah kompetisi, yang menggunakan kerbau sebagai penarik kendaraan yang disebut dengan cikar. Kerbau tersebut dihiasi dengan hiasan kepala yang sangat menarik dengan warna keemasan. Panjang lintasan yang dilalui sekitar 4 Km. Lomba mekepung ini adalah lomba bergrup, dimana peserta terbagi atas Grup Barat dan Grup Timur. Sebagai pembatas antara group Barat dan Timur adalah sebuah sungai yang melintang ditengah – tengah kota Negara yang bernama Sungai Ijo Gading. Dalam lomba mekepung ini tidak ada juara perorangan hanya juara beregu.

Lomba Mekepung yang dilaksanakan sebagai even tetap yang selalu diadakan setiap tahun yaitu:

  • Gubernur Cup
  • Bupati Cup

Lomba Mekepung Bupati Cup biasanya diadaka di sirkuit mekepung Pantai Dlod Berawah. Dalam pelaksanaan lomba ini selalu diiringi dengan musik Jegog dan tari Mekepung yang dibawakan oleh remaja putri Jembrana.

KALENDER MEKEPUNG TAHUN 2012
Bulan Hari Tanggal Lokasi Sirkuit Keterangan
JULI Minggu 29 Mertasari -
AGUSTUS Minggu 12 Tuwed Bupati Cup
Minggu 26 Delod Berawah -
SEPTEMBER Minggu 09 Pangkung Dalem -
Minggu 23 Mertasari
OKTOBER Minggu 07 Kaliakah -
Minggu 21 Delod Berawah -
NOPEMBER Minggu 04 Awen -
Minggu 18 Delod Berawah Gubernur Cup

Ditengah tengah kota Negara mengalir sebuah sungai yang bernama sungai Ijo Gading aliran sungai ini menuju ke Pantai Perancak. Setiap tahun pada bulan Agustus di sungai ini selalu diadakan lomba sampan dayung tradisional. Start dilaksanakan di hilir sungai yaitu di Pantai desa Perancak dan finish di jembatan Ijo Gading. Pelaksanaan Lomba Dayung Sampan ini biasanya dikaitkan dengan peringtan Hari Ulang Tahun RI dan HUT kota Negara.

Atraksi ini merupakan tontonan yang sangat menarik untuk wisatwan terutama pada saat start dan finish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>